Sebagai bagian dari implementasi materi dalam mata pelajaran Informatika kelas 11 di SMAN 1 Bojonegoro, siswa diberikan suatu project untuk membuat aplikasi berbasis android. Kita sebagai pra siswa diajarkan untuk memulai project ini dengan pengenalan platform MIT App Inventor yang akan memudahkan mereka dalam pengerjaaan project ini. Platform ini memungkinkan saya untuk menciptakan aplikasi, tanpa harus menulis kode pemrograman yang rumit. Dalam artikel ini, saya akan menceritakan langkah-langkah dan pengalaman saya dalam mengembangkan aplikasi tersebut, yang ternyata lebih mudah dan menyenangkan daripada yang saya bayangkan
Saat pertama kali mendengar tugas ini, saya langsung berpikir untuk membuat sesuatu yang bermanfaat dan menarik. Setelah sedikit berpikir, saya memutuskan untuk membuat aplikasi kamera dan video. Kenapa? Karena aplikasi semacam itu sangat relevan dan banyak digunakan oleh orang-orang, terutama bagi mereka yang suka membuat video atau foto untuk media sosial.
Proses Pembuatan Aplikasi
1. Mendesain Tampilan
Setelah membuat proyek baru di MIT App Inventor, saya mulai mendesain tampilan aplikasi dengan menambahkan beberapa komponen utama:
- Tombol "Buka Kamera" untuk mengambil gambar
- Tombol "Rekam Video" untuk merekam video
- Image Viewer untuk menampilkan foto yang diambil
Saya memodifikasi beberapa elemen desain agar tampilan aplikasi terlihat lebih user-friendly dan sederhana.
2. Menambahkan Fitur dengan Blocks Editor
Saya kemudian beralih ke Blocks Editor, tempat di mana saya menambahkan logika untuk aplikasi tersebut.
- Untuk kamera, saya menggunakan blok Camera.TakePicture.
- Untuk video, saya menggunakan blok VideoRecorder.RecordVideo.
3. Pengujian di Ponsel
Setelah aplikasi selesai, saya menguji langsung aplikasi tersebut di ponsel saya. Hasilnya sangat memuaskan! Aplikasi berhasil membuka kamera, mengambil gambar, dan merekam video dengan mudah.
Melalui proyek ini, saya tidak hanya belajar cara membuat aplikasi, tetapi juga mengembangkan kreativitas dalam memecahkan masalah. Berikut adalah beberapa pelajaran yang saya dapatkan:
- Inovasi dapat dimulai dari hal yang sederhana
- Kesalahan adalah bagian dari proses belajar
- Teknologi bisa diakses oleh siapa saja, bahkan tanpa pengalaman coding.
0 Komentar